Senin, 09 Februari 2009

"Jasa Direct AdMailPos Promotion " By: AWJ Marcomm Consultantmmotion

Direct AdMailPos Promotion
oleh: Adam Wahyu Jatmiko, SIkom
INTRODUCTION
AdMailPos AWJ Marcomm Consultant merupakan bagian dari value chain dalam Direct Marketing, dimana Direct Mail merupakan salah satu alternatif alat untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan kegiatan Direct Marketing bagi suatu perusahaan ( usaha dalam bidang apapun).
Di Indonesia, AdMailPos bukanlah suatu hal yang sama sekali baru. Pada dasarnya bisnis Direct Mail merupakan integrasi vertikal database dan printing ke dalam proses bisnis pos sampai pada proses delivery.
Direct Marketing itu sendiri adalah sistem yang intensif dalam kegiatan pemasaran dengan menggunakan satu atau lebih media advertising untuk mempengaruhi respon yang terukur dan/atau transaksi dimanapun berada.
Salah satu faktor yang dapat mendukung kompetitif advantage AWJ Marcomm Consultant dalam membangun bisnis Direct Marketing adalah: alamat yang up-to-date, response management, kedekatan dengan pelanggan, dan consulting services (McKinsey Quarterly, 1997).

MAILING HOUSE
Dalam bisnis Direct Mail dikenal istilah mailing house yaitu suatu lokasi atau tempat memproses dokumen dan kiriman sejenis lainnya sebelum diserahkan kepada lembaga pengiriman/ delivery (pre-posting). Mailing house tersebut ada yang dimiliki sendiri oleh suatu institusi untuk memenuhi kebutuhan internalnya (dikenal dengan istilah in-house mailing) dan ada yang khusus disediakan untuk mengerjakan pekerjaan institusi lain (dikenal dengan sitilah service-bureau).
Selain diharapkan dapat menekan biaya produksi, proses yang terintegrasi tersebut dimaksudkan agar pelayanan kepada pelanggan bersifat menyeluruh (one stop service).
Selama ini pelanggan Direct Mail yang dilayani oleh jasa pos di Indonesia adalah pelanggan yang datang dengan membawa kiriman Direct Mail yang siap untuk diposkan. Sehingga pengerjaan Direct Mail oleh PT Pos Indonesia saat ini baru pada segmen proses delivery. Namun demikian, proses tersebut dapat dikembangkan dengan cara mengintegrasikannya dengan proses pre-posting, mulai dari creative design sampai dengan enveloping dan siap untuk dikirim lewat pos.
Melihat keseluruhan dari proses bisnisnya maka bisnis Direct Mail membutuhkan berbagai kompetensi dan peran dari beberapa institusi, antara lain marketing agency, database collector, paper supplier, printing company, dan postal delivery. Untuk skala tertentu, beberapa segmen proses dapat dikerjakan oleh satu perusahaan mailing house melalui vertical integration. Namun demikian, dengan pertimbangan efisiensi dan skala ekonomi maka keseluruhan proses tidak dapat dikerjakan oleh satu perusahaan.

TUJUAN DIRECT MAIL MARKETING

Bagi Pelanggan Individu
Direct Mail didesain untuk mencapai berbagai tujuan marketing, termasuk:

1. Membangun interest terhadap produk atau layanan baru
2. Menciptakan penjualan dan pemesanan
3. Membantu dalam membangun traffic/lalulintas inventory
4. Menciptakan keunggulan baru
5. Menyampaikan berita penawaran khusus penjualan barang kepada pelanggan yang
"berharga" (valued customer)
6. Menjaga hubungan baik
7. Mempercepat sukses periklanan dalam bentuk lain (Direct Mail)
8. Membangun pemahaman terhadap merk dagang (brand recognition)
9. Memprospek pelanggan baru

Bagi Retailers
1. Menyampaikan pemberitahuan awal mengenai penawaran penjualan dengan cara mengirim
Marketing Kit kepada pelanggan yang dikehendaki.
2. Mengirim surat atau menyebar brosur kepada alamat-alamat terdekat untuk
memberitahukan lini produk baru, penawaran khusus bulanan, jam buka loket atau
pelayanan khusus musiman, dll.
3. Meningkatkan awareness dan efektifitas periklanan dengan cara mengirimkan kartupos untuk
meminta pelanggan melihat iklan yang dipasang/ditayangkan.

Bagi Perusahaan jasa
1. Mengirimkan newsletter periodik untuk memberitahu pelanggan tentang pengembangan baru
dalam industri dan menawarkan tip yang membantu dalam pelayanan.
2. Menjadikan current customers sebagai "sales force" dengan cara mengirimkan "tell-a-friend"
promotion, menawarkan premium atau diskon kepada pelanggan yang memberikan
referensi/rekomendasi pelanggan baru kepada kita.
3. Memprospek pelanggan baru dengan cara tukar menukar daftar pelanggan dengan
perusahaan yang menjual barang komplementer.

Bagi Perusahaan Manufaktur
1. Mengumumkan produk baru atau harga baru kepada pelanggan dan distributor.
2. Memberitahu pembeli suatu produk tentang ketersediaan produk lain yang ditawarkan.
3. Mengingatkan pelanggan akan ketersediaan upgrade atau accessory bagi produk yang sudah
mereka beli.
4. Mengirim atau menawarkan sampel produk kepada salesperson yang handal.

Bagi Profesional
1. Mengirim kartu kepada klien yang memberitahukan pergantian staf dalam perusahaan.
2. Meningkatkan awareness terhadap layanan/jasa dengan cara mengingatkan masyarakat
tentang adanya event khusus yang berkaitan dengan layanan/jasa yang ditawarkan.
3. Mengirimkan newsletter periodik untuk memberitahu pelanggan tentang adanya
pengembangan dalam bidang jasa dan menyediakan tips yang berkaitan dengan layanan jasa
yang ditawarkan.


KEUNGGULAN DIRECT MAIL
Fasilitas Direct Mail digunakan oleh pelanggan antara lain untuk:
1. menilai prospek,
2. mengakuisisi pelanggan,
3. memberitahukan sesuatu,
4. menjual atau menawarkan produk,
5. menerbitkan dan mengirim undangan,
6. mengumpulkan dana,
7. dll.

Keunggulan yang ditawarkan oleh bisnis Direct Mail AWJ Marcomm Consultant adalah
1. komunikasi yang selektif dan interaktif,
2. membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan,
3. mengukur keberhasilan, mengevaluasi, dan melakukan penyesuaian/perbaikan.

Secara lebih rinci, keunggulan AdMailPos dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Selectivity
Memilih target grup yang tepat dari database internal maupun eksternal, tergantung pada pesan atau penawaran yang ingin disampaikan. Meningkatkan return dari anggaran pemasaran dengan menggunakan direct communication yang terarah.

2. Personalization
Jika kita ingin menganalisis data lielanggan dan calon lielanggan secara akurat, dapat dilakukan langsung terhadap kebutuhan sliesifik dari pelanggan dan calon pelanggan individual.
3. Discretion
Kita menggunakan Direct Mail untuk membangun atau menjaga kerahasiaan one-to-one relationship dengan pelanggan dan calon pelanggan.

4. Creativity
Kita dapat mengatur tampilan semua elemen dari message/kiriman secara kreatif untuk menarik perhatian dan memudahkan untuk mendapatkan respon yang kita inginkan.

5. Interactivity
Direct Mail menawarkan cara yang sederhana untuk merespon pelanggan dan menindaklanjuti respon-respon dari pelanggan secara cepat. Oleh karena itu, Direct Mail membantu menciptakan dialog dan ikatan yang membuahkan hasil dengan pelanggan atau calon pelanggan.

6. Measurability
Dapat mengukur tingkat respon terhadap kampanye yang dilakukan, sehingga pengguna layanan Direct Mail dapat melakukan cost & benefit analysis yang sangat akurat terhadap kampanye yang menggunakan Direct Mail.

CAKUPAN OPERASI
1. Mailing house dalam hubungannya dengan advertising mail (Direct Mail marketing).
2. Proses bisnis yang mencakup: address/mailing list, designing, printing, folding, inserting,
sorting dan kemampuan addressing (termasuk targetting).
3. Dalam tahap awal pencetakan dokumen (printing) dirancang untuk di-subkontrakkan kepada
perusahaan percetakan melalui strategic alliance.
4. Delivery diserahkan ke salah satu unit bisnis outsource jasa pos yang ada di Indonesia (bisnis
Reguler dan bisnis Pos Express)
5. Pengembangan lebih lanjut dari AdMailPos adalah menambah fitur layanan tele-marketing.


PROSES BISNIS
Secara singkat, proses bisnis AdMailPos dapat diuraikan sebagai berikut:
o Database/Mailing-list Pro.
o Creative Analysis (Design)
o Printing
o Pre-posting/Mailshop
o Inserting
o Enveloping
o Bagging
o Physical Delivery

SEGMEN PASAR
Industri atau segmen yang menjadi sasaran utama Direct Mail marketing saat ini adalah:
• 1) Lembaga Keuangan
o a. Perusahaan asuransi
o b. Perbankan
o c. Layanan kartu kredit

• 2) Merchandise
o a. Barang rumah tangga
 i. Alat-alat rumah tangga
 ii. Barang konsumsi rumah tangga (contoh: PT Unilever)
 iii. Buku-buku/majalah
o b. Barang konsumen lux
 i. Parfum
 ii. Jam tangan
 iii. Kosmetik

• 3) Miscellaneous
o a. Selular/Mobile phone providers
o b. Kenggotaan klub (club membership)
o c. International mail order

PRODUK/LAYANAN
• 1) Core product
o a. Promosi
o b. Billing
o c. Replied Mail
• 2) Related product
o a. Printing
o b. Mailing list
• 3) Klasifikasi
o a. First Class Mail
o b. Standard Mail
(Attribut ditentukan oleh kecepatan delivery, kualitas printing/design/warna, dan attribut lainnya)

Copyright ©2009 Jasa Direct AdMailPos Promotion [AWJ Marcomm Consultant] All Rights Reserved

Tidak ada komentar:

Posting Komentar